Ini Cara Mengatasi Bau Mulut Yang Sangat Kronis


Ada orang memiliki bau mulut yang menyengat. Meski sudah sikat gigi namun entah mengapa, bagi beberapa orang, ada bau mulutnya yang demikian kronis, sehingga aroma tak sedap sering keluar dari mulutnya.
Bau mulut adalah salah satu kendala yang sangat memalukan. Bau mulut akan membuat seseorang tidak percaya diri dan cenderung lebih tertutup dalam pergaulan. Bau mulut berhubungan dengan bau yang kurang sedap dan tercium oleh lawan bicara.

Pada dasarnya bau mulut bisa bersumber dari tenggorokan, lidah dan gigi. Penyebab bau mulut termasuk dalam kelompok bakteri yang menghasilkan belerang. Bakteri akan tinggal di daerah permukaan lidah, sekitar amandel dan juga tenggorokan.

Pada dasarnya semua orang memiliki bakteri ini karena bakteri berperan untuk membantu melarutkan makanan yang mengandung protein menjadi asam amino. Jika tidak ada bakteri dalam mulut maka proses metabolisme bisa terganggu. Bakteri akan bertemu dengan protein kemudian mengeluarkan beberapa zat seperti metal, belerang dan beberapa senyawa lain yang menimbulkan bau tidak sedap.

Bau mulut biasanya diawali dengan perasaan pahit dan kering pada mulut. Terkadang beberapa orang juga bisa merasa produksi air liur yang berlebihan dan kental sehingga menyebabkan mulut terasa menjadi lebih asam. Jika kondisi ini dibiarkan terus maka bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu bau mulut tetap harus diatasi sehingga.

Berikut ini adalah perawatan cara mengatasi bau mulut yang bisa dilakukan sehari-hari :

1. Melakukan Perawatan Gigi Rutin
Merawat gigi secara rutin adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk mencegah bau mulut. Perawatan gigi bisa dilakukan minimal selama enam bulan sekali. Dokter gigi biasanya akan memeriksa kondisi gigi, menghilangkan plak yang bisa menyebabkan bau mulut dan memeriksa kondisi kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain itu, perawatan gigi secara teratur mencegah terjadinya abrasi gigi.

2. Gosok Gigi Secara Rutin
Gosok gigi yang rutin juga bisa menghilangkan resiko bau mulut yang kurang sedap. Gosok gigi akan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang berada pada sela gigi dan gusi. Cara mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi juga akan menghilangkan plak, yang menjadi habitat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok gigi akan memelihara kesehatan gigi dan mulut sehingga mengurangi bau mulut.

3. Bersihkan Lidah
Membersihkan lidah adalah hal ringan yang paling sering diremehkan. Ketika sedang gosok gigi maka gunakan kaca pembersih lidah khusus yang bisa mengurangi potensi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok lidah dari bagian atas ke bawah secara lembut. Selain gigi dan gusi, maka bakteri penyebab bau mulut juga berkembang pesat di bagian lidah.

4. Menggunakan Produk atau Obat Kumur
Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut. Konstruksi obat kumur biasanya berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membersihkan sisa makanan yang masih berada di sela gigi dan gusi. Anda tidak bisa meninggalkan gosok gigi jika sudah memakai obat kumur. Jadi tetap lakukan gosok gigi dan kumur dengan cairan khusus.

5. Pacu Produksi Air Liur
Terkadang tanpa kita sadari kita membiarkan mulut menjadi sangat kering. Mulut kering akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yaitu bakteri yang menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk mengatasi masalah mulut yang kering maka bisa mengkonsumsi permen yang mengandung bahan mint. Kunyah permen karet tanpa gula dan beberapa jenis permen netral tanpa gula dan bahan pemanis tambahan.

6. Basmi Bakteri Mulut dengan Makanan
Bau mulut juga bisa dipengaruhi dari menu makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Jika kekurangan buah dan sayuran maka bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghindari hal ini maka bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

7. Terapi dengan Teh Hijau
Teh hijau adalah salah satu jenis teh alami yang banyak ditemukan di Jepang. Teh hijau bisa meningkatkan kesehatan karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Namun ternyata teh hijau juga bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung polifenol yang bisa mengurangi produksi bakteri berlebihan pada mulut dan menghilangkan bau belerang dari sisa makanan pada gigi dan gusi.
Tapi jangan samakan manfaat teh hijau dengan bahaya es teh yang mungkin sering anda konsumsi.

8. Hindari Obat yang Membuat Mulut Kering
Jika sedang sakit maka jangan minum obat yang bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Beberapa jenis obat ini termasuk adalah obat penghilang rasa sakit dan obat antidepresan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa meminta resep obat lain. Obat ini termasuk :
– obat analgesik
– obat tramadol

9. Hindari Merokok
Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? Jika masih terbiasa merokok dan ingin menghilangkan bau mulut, maka hentikan kebiasaan merokok. Bahaya merokok akan meninggalkan zat asam dalam mulut yang bisa membuat nafas menjadi lebih berbau. Selain itu rokok juga bisa membuat mulut menjadi kering sehingga kondisi kesehatan mulut tidak terlalu baik.

10. Minum Banyak Air Mineral
Kebiasaan minum air mineral juga bisa mengatasi bau mulut. Air mineral akan mempertahankan kesehatan mulut dan menghindari bau mulut yang berlebihan. Jika suka dengan minuman manis dan bersoda maka hentikan kebiasaan itu dan ganti dengan air putih. Air mineral juga sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.

11. Rawat Gigi Palsu
Jika memakai gigi palsu maka sangat disarankan untuk selalu membersihkan dan merawat gigi palsu. Gigi palsu juga bersifat seperti gigi asli pada umumnya. Cara menghilangkan bau mulut harus selalu membersihkannya, karena bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

. Batasi Minuman Kopi
Jika memang menyukai minuman kopi, maka sebaiknya mulai sekarang lebih dikurangi. Kopi bisa menimbulkan zat asam yang bisa membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Anda tetap bisa minum kopi dalam jumlah yang lebih kecil dan selalu gosok gigi setelah minum kopi. Jangan meninggalkan gosok gigi setelah minum kopi karena akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat.

Sebenarnya memperhatikan kesehatan mulut dan gigi adalah salah satu usaha cara mengatasi bau mulut dan sangat baik untuk mencegah masalah ini muncul kembali. Kesehatan gigi juga memberikan pengaruh yang sangat besar untuk bau mulut. Dengan melakukan beberapa hal ringan di atas maka kita bisa terhindar dari bau mulut dan selalu percaya diri.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال